Kritik, Saran, dan Pengaduan

Kritik, Saran, dan Pengaduan dari anda akan sangat berguna bagi kami demi eningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Setiap masukan dari anda akan direspon secara proposional dan profesional. Pengaduan ini sifatnya transparan sehingga bisa dibaca oleh seluruh masyarakat. Jika informasi yang sifatnya rahasia, silahkan kirim ke email kanim2cirebon@gmail.com

Hubungi Kami

CAPTCHA code

Daftar Pertanyaan, Saran dan Pengaduan


Kasokandel,Majalengka - 10 09 2020 - 20:17:23

Mau tanya kalo akun apapo milik Kaka saya dipakai buat daftar antrian online pembuatan paspor saya bisa gak ya? Soalnya setiap kali saya daftar akun di aplikasi apapo selalu gak bisa gagal terus kendalanya nomor NIK tidak sesuai padahal udah sesuai sama data KTP

Admin

Selamat sore, untuk pendaftaran 1 akun aplikasi apapo dapat mendaftarkan hingga 5 pemohon. namun jika terkendala pada NIK. kami sarankan kaka dapat menghubungi dinas kependudukan dan pencatatan sipil terdekat. terimakasih.

Ds.Jatimunggul Blok.weringin Rt/rw:02/05 Kec.Teris - 01 09 2020 - 09:19:11

Saya ingin perpanjang passport, langsung datang ke kantor imigrasi atau gimana?

Admin

Selamat sore, Untuk pelayanan penggantian paspor yang habis masa berlaku dapat mendaftar antrian paspor online via aplikasi Apapo dan datang ke kantor imigrasi sesuai tanggal pelayanan yang dipilih dengan membawa berkas persyaratannya.terimakasih

Arjawinangun - 30 08 2020 - 18:33:42

Saya sudah melampirkan foto copy paspor saya ke pihak kepolisian, tapi iya tetap ajah ga bisa di karenakan ga ada surat pernyatan dulu dari kantor imigrasinya pak

Admin

Selamat sore, untuk kehilangan paspor dapat menghubungi ke pihak kepolisian dan jangan berpatokan ke 1 kantor polisi (polsek)jika memungkinkan dengan menunjukan nomor paspor nya ya kak. Terimakasih

Kp sinar gunung - 12 08 2020 - 16:12:21

Saya mau tanya,saya mau perpanjang pasfor pelaut tapi BST saya leminating terus apa boleh perpanjang pasfor

admin

selamat siang, Tidak masalah kak untuk perpanjangan paspor BST dan buku pelaut harus masih berlaku. terimakasih

cirebon,Arjawinangun - 04 08 2020 - 10:02:38

Pak saya sudah 3 kali datang ke polsek minta surat kehilangan paspor jawab bisa cuma ko ga kasih2 suratnya mala minta surat pernyatan dulu dari kantor imigrasinya jadi gimana dong

admin

Selamat siang pak, Untuk prosedur kehilangan paspor , karena paspor adalah dokumen negara maka silahkan bapak dapat melaporkan kehilangan ke kepolisian terdekat, sampaikan juga nomor paspornya dan apabila tidak ada sampaikan saja nomor paspornya tidak ingat karena hilang. Terimakasih

Cirebon - 23 07 2020 - 20:42:18

Tgl 20 juli kemarin saya datang ke imigrasi untuk pengajuan perpanjangan pasport (pelaut).. ketika sudah datang kesitu persyaratan ada semua, kecuali surat rekomendasi dan kontrak kerja dari perusahaan/agenci pelayaran. Sedangkan status saya saat ini sedang tidak terikat dengan perusahaan/agenci pelayaran mana pun. Karena sudah hbis kontrak. Lantas kemana saya hrus meminta semua persyaratan itu...??? Tolong lah bpk/ibu untuk memberikan kelonggaran.

admin

Halo kak, untuk dokumen persyaratan penggantian /perpanjangan paspor bagi pelaut diantaranya Paspor lama Buku pelaut, Basic Safety Training (BST), Surat Rekomendasi Keagenan serta melampirkan pula Foto Copy KTP petugas yang bertanda tangan pada surat pengantar perusahaan / keagenan dan hal tersebut diatas sudah menjadi aturan dan kebijakan dari pimpinan terimakasih.

Margalaksana Indramayu - 21 07 2020 - 17:47:47

Perpanjang pasport pelaut kontrak kok harus dengan persyaratan Dari Perusahaan ... Baru tahun ini saja ...saya perpanjang pasport justru persyaratan melamar kerja di Perusahaan perkapalan... Status saya abk kontrak kalo sudah lepas kontrak Ya gk punya tempat kerja... Mohon petunjuk ...catatan saya bikin pasport sudah berulangjkali dan bertahun tahun tahun di imigrasi Cbn...Baru Kali ini di persulit

admin

Selamat pagi, Ibu Ratna, untuk informasi lebih jelas silakan datang ke kantor Imigrasi Cirebon. Terima Kasih.

Dusun 2 no 3 RT RW 001/004 karang mekar kecamatan - 08 07 2020 - 08:11:04

Mau tanya klu persyaratan perpanjang paspor pelaut syaratnya apa aja ya,tlng informasi nya

Admin

Halo kak, syaratnya paspor lama sama eKtp kak, dokumen pendukung seperti BST, buku pelaut yang masih berlaku serta surat rekomendasi dari perusahaan juga dibawa ya kak. Terima Kasih

Subang - 07 07 2020 - 05:17:21

Mohon info. Pengajuan paspor yang ditangguhkan 5 hari kerja karna persyaratan yang blm lengkap, apakah bisa mengajukan kembali setelah syarat lengkap walaupun belum 5 hari? Terima kasih

Admin

Bisa kak, maksimal nya 5 hari kerja. Terima kasih.

Majalengka - 06 07 2020 - 10:48:51

Selamat siang! Apakah saat ini Kanim Cirebon sudah bisa melayani perpanjangan paspor? Cara daftar antrian via WA gimana ya? Saya sudah coba daftar via Apapo berkali-kali, tapi selalu gagal. Saya ingin coba via WA. Saat nanti menyerahkan berkas, apakah harus melampirkan SK dari universitas sebagai surat tugas juga? Dulu saat daftar paspor di Kanim Yogya, saya diminta menunjukkan Letter of Acceptance dari universitas di luar negeri. Mohon penjelasannya karena pertanyaan saya minggu lalu via email tidak dibalas oleh Kanim Cirebon. Terima kasih.

Admin

Halo kak, saat ini pendaftaran kuota hanya lewat aplikasi. Untuk dokumen pendukung yang kakak sebutkan sangat dianjurkan untuk dibawa saat proses paspor ya kak. Terima Kasih

Pegambiran residence Jl. A. Yani Grage City Blak A - 06 07 2020 - 10:32:14

Pak, mohon bantuan bagaimana cara mendaftar secara online untuk membuat paspor (mengganti yang lama)

Admin

Silakan bapak donwload aplikasi layanan paspor online di playstore/appstore. Untuk langkah2 nya bapak bisa cek instagram kita @kanim_cirebon. Terima kasih.

Subang - 05 07 2020 - 20:04:55

Mohon info. Saya hari jumat kemarin mebgajukan permohona paspor baru untuk anak. Hanya saja karena ada persyaratan yang belum lengkap, saya diminta melengkapi dan datang lagi 5 hari kerja. Kalau syaratnya sudah full apa bisa saya mengajukan kembali pada hari kerja walaupun bukan hari kerha ke 5 (jumat).

Admin

Selamat pagi, bisa kak, yang penting maksimalnya 5 hari kerja. Terima kasih

Bojongsari-Kec.Indramayu-Kab Indramayu - 20 06 2020 - 14:33:57

Di imigrasi cirebon sudah bisa belum buat paspor elektronik? Apa saja persyaratannya? Berapa biayanya?

Admin

Selamat siang kak, untuk e-paspor saat ini belum tersedia di kantor imigrasi cirebon, Terima Kasih.

DESA BANDENGAN . Kab CIREBON - 20 06 2020 - 06:40:12

Assalamualaikum. . Pak /bu..apakah pembuatan paspor sudah mulai normal kembali

Admin

Waalaikumsalam, layanan paspor sudah dibuka silakan daftar melalui aplikasi ya kak, Terima Kasih

Desa Balerante Kec. Palimanan - 19 06 2020 - 08:06:10

Selamat pagi, saya ingin bertanya. Satu aku layanan paspor online bisa dipakai untuk 5 pemohon benar? Tapi jika saya ingin pakai untuk saya dan ibu saya tapi tujuan saya membuat paspor sedangkan ibu saya memperpanjang paspor apakah bisa? Terimakasih

Admin

Selamat pagi kak, bisa kak, silakan daftar dan datang sesuai jadwal ya, Terima Kasih

POTTUPPUNG, RT/RW.005/003,Desa. TABO-TABO ,kec. BU - 18 06 2020 - 23:32:50

Bagaimana caranya mendaftar lewat applikasi whatsapp, dan apakah ada kuota daftar mandiri bagi yang bukan lansia atau balita

Selamat siang kak, untuk saat ini pendaftaran antrian untuk layanan paspor hanya melalui aplikasi layanan paspor online. Terima Kasih

Desa tenajar blok sumur gede 2 kertasemaya - 11 06 2020 - 10:03:01

selamat pagi bapak/ ibu Untuk memperpanjang pasport saat ini apakah imigrasi cirebon sudah mulai melayani seperti biasa? Terimakasih

Admin

selamat pagi kak, untuk layanan paspor sudah dibuka kembali, silakan daftar online melalui aplikasi ya

Desa arjasari kec patrol indramayu - 31 05 2020 - 22:13:39

Met siang pak/bu apakah imigrasi cirebon sudah melayani pembuatan paspor?

Admin

Selamat Siang, saat ini layanan paspor hanya terbatas untuk kepentingan mendesak atau orang sakit atas rujukan dokter/rumah sakit. Terima kasih

Dusun 04 rt 028 rw 009 - 20 04 2020 - 11:29:44

Selamat siang, apakah pembuatan paspor untuk mempersiapkan berkas kerja bisa di imigrasi cirebon dapat di proses untuk kondisi dan situasi pandemic sekarang-sekarang ini atau ada penundaan perihal keperluan saya? Terimakasih

admin

Selamat siang kak, untuk saat ini kantor imigrasi sesuai dengan surat edaran dirjen imigrasi Nomor IMI-GR.01.01-2114 Tahun 2020 hanya melayani pembuatan paspor terhadap orang sakit yang tidak dapat ditunda penangannanya atas rujukan dokter dan orang dengan kepentingan yang tidak dapat ditunda.

Jl mayor dedeng s, cimerta, kota subang - 16 04 2020 - 17:34:35

Apa skrg bsa ngurusin perpanjangan paspor d imigrasi cirebon ?

Admin

Sore kak, Saat ini layanan paspor hanya terbatas untuk kepentingan mendesak saja atau orang sakit atas rujukan dokter. Terima kasih

Nglorog RT 01 RW 9 Kec. Sragen Kab. Sragen - 27 03 2020 - 09:37:44

Selanat pagi bapak/ ibu Saya tgl. 12 Maret 2020 telah mengajukan pembuatan paspor dan sudah diambil foto, hari itu juga tgl. 12 Maret 2020 saya melunasi biaya melalui BNI cabang Sragen. Dari pemberitahuan yang ada dalam perintah pembayaran jika paspor bisa diambil 3 s/d 7 hari setelah pelunasan. Dengan adanya kejadian wabah Covid 19 ini pemkot Surakarta mengumungkan untuk social distancing yaitu tgl 13 Maret 2020, sehingga saya yang di Sragen memutuskan untuk mengikuti kebijakan pemkot Surakarta untuk tidak memasuki kota Surakarta hingga kebijakan dicabut. Dan kebijakan diperpanjang hingga tanggal 14 April 2020. Mohon saya diijinkan mengambil paspor setelah kebijakan pemkot Surakarta berakhir. Terima kasih

admin

Selamat siang, Boleh mas, Nanti mas dapat mengkonfirmasi saja dulu lewat telepon ke nomor berikut ini (0231-448828) sebelum 30 hari

Palimanan timur, belakang puskesmas Palimanan blok - 24 03 2020 - 15:10:21

Assalamualaikum. Saya dapat kiriman barang dari luar negeri, dan katanya Sekarang barangnya di tahan migrasi Indonesia karena saya harus membayar pajak sebesar 63 juta, pada hal saya sudah menghabiskan uang sekitar 34 juta untuk pembayaran migrasi, dan saya sudah bayar pajak 10 juta karena kebijakan dari migrasi, tetapi setelah saya melakukan pembayaran 10 juta, pihak migrasi malah berubah pikiran. Jadi saya ingin tau, dimigrasi manakah pengiriman saya sekarang

admin

Selamat siang ibu, mohon maaf sebelumnya, imigrasi tdk berhubungan dng barang dari luar negeri. Imigrasi cuma bertugas mengatur lalulintas org yg masuk dan keluar dari wilayah indonesia dengan cara mengecek dokumen paspor org yg dtg dan akan meninggalkan indonesia. Terimakasih

Majalengka - 20 03 2020 - 22:43:59

.......السلام عليكم Admin Yang terhormat bagaimana cara mengecek paspor sudah beres apa belum Terima kasih

admin

Siang Kak, Untuk mengecek paspor sudah selesai atau belum kakak bisa cek via Whatsapp dengan format : PASPOR (spasi) (6 digit terakhir kode permohonan) contoh : PASPOR 026817 ke nomor 0822 19087 88 89 Terima Kasih.

Blok Langkara Rt 03/01 Desa Salawangi, Kec. Bantar - 19 03 2020 - 21:42:26

...........السلام عليكم Admin Yang terhormat, saya melakukan pembayaran untuk pembuatan 2 paspor punya saya dan anak saya di pos yg ada dekat tempat foto copy mereka menggunakan mobil , tapi saat itu karna sudah jam 3 sore mereka bilang proses pembayaran sudah tutup dan mereka menawarkan untuk penitipan pembayaran yg akan mereka proses besok paginya dan juga jasa pengambilan paspor serta pengiriman kealamat saya lewat pos. Masalahnya sampai sekarang mereka tidak memberi kabar dan bukti pembayaran yg katanya akan di kirim lewat whatsapp tidak mereka lakukan dan saat ini nomor whatsappnya juga tidak aktiv lagi. Mohon solusinya

Admin

Waalaikumsalam, Selamat pagi ibu Laeli, Terima kasih atas laporannya, kami akan segera mengkonfirmasi ke petugas pos yang terkait. Terima Kasih

Majalengka - 19 03 2020 - 20:40:13

السلام عايكم Admin yg terhormat tolong check kembali nomor 0822 19087 88 89 karna tidak terdapat di Applikasi Whatsapp Terima kasih

Admin

waalaikumsalam wr.wb, mungkin yang bapak maksud adalah nomor 0822 1987 8889 nomor tersebut adalah nomor untuk pendaftaran antrian whatsapp di Pelayanan Iron Seni yang diselenggarakan di Grage City Mall, Namun semetara layanan ini sementara dihentikan. untuk pendaftaran antrian di Kantor Imigrasi Cirebon bapak bisa daftar di nomor whatsapp 0823 2000 9000 Terima Kasih.

GAGASARI CIREBON - 08 03 2020 - 18:28:05

As wr wb saudaraku yang terhormat sy minta penjelasan dsi saudara/i semua gimana prosudur pengurusan paspor biometrik apakah bs bkin yg baru

Admin

Waalaikumsalam Wr. Wb, selamat pagi bapak, Silakan bapak daftar online melaui Aplikasi Layanan Paspor Online di android atau iOS atau melalui whatsapp di nomor 0823 2000 9000. Kemudian datang ke Kantor Imigrasi sesuai jadwal yang telah ditentukan dengan membawa persyaratannya. Apablia sebelumnya sudah mempunyai paspor silakan paspor lamanya dibawa. Terima Kasih

Pabean Udik Indramayu - 07 03 2020 - 13:19:33

Selamat siang admin, Sesuai dengan pengaduan sebelumnya yang saya baca mengenai cara mengetahui paspor sudah jadi atau belum dengan mengirim format PASPOR (spasi)6digit angka terakhir permohonan via WhatsApp di no.0822-19087-8889 itu sudah saya lakukan, tetapi mengapa no.tsb belum terdaftar di aplikasi WhatsApp sehingga saya tidak bisa mengirim pesan. Saya ubah untuk mengirim pesan manual pun tetap tidak bisa. Mohon petunjuknya, terimakasih

Admin

Selamat pagi ibu Riani, Cara untuk mengecek status paspor via whatsapp adalah dengan cara ketik : PASPOR (SPASI) (6 DIGIT TERAKHIR KODE PERMOHONAN) contoh : PASPOR 123456 kemudian kirim ke nomor : 0822 19 87 88 89 Terima Kasih

lopian - 06 03 2020 - 21:46:25

Saya sudah menikah tp data diri masih gadis dan kalau harus kecapil mengubah ktp dan mengurus kartu kelurga akan sangat rumit trus saya pakai data gadis saja masalahnya pas wawancara apakah boleh jujur apa tujuan kita keluar negri untuk menemui suami yg tdk kasih nafkah tp data diri masih gadis ?

Admin

Selamat pagi kak, mengenai persyaratan dokumen pembuatan paspor semua data yang dilampirkan tidak ada perbedaan data. dan untuk proses wawancara harap memberikan keterangan yang sebenar-benarnya. Terima Kasih

Dusun 3 rt 023 rw 006 desa kali sari kec losari ka - 04 03 2020 - 07:05:57

Pak maaf nih saya mau bikin paspor gmnh yah caranya.

Admin

Selamat pagi, Silakan bapak daftar online melaui Aplikasi Layanan Paspor Online di android atau iOS atau melalui whatsapp di nomor 0823 2000 9000. Kemudian datang ke Kantor Imigrasi sesuai jadwal yang telah ditentukan dengan membawa persyaratannya. Terima Kasih

haurgeulis - indramayu - 03 03 2020 - 09:33:12

Bagaimana Cara Mengecek Paspor yang kita buat selesai atau belum ? mengingat rumah saya dengan kantor imigrasi cirebon sangat jauh. TQ

Admin

Pagi Kak, Untuk mengecek paspor sudah selesai atau belum kakak bisa cek via Whatsapp dengan format : PASPOR (spasi) (6 digit terakhir kode permohonan) contoh : PASPOR 026817 ke nomor 0822 19087 88 89 Terima Kasih.

Ds tenajar lor kec kertasemaya kab indramayu - 27 02 2020 - 15:30:26

Assalamualikum..sy muhaimin dr indramayu mau ngurus perpanjangan paspor yg blum mati masih 1 tahun lebih alias 2 tahun kurang untuk keperluan pengurusan visa kerja kekuwait dan pembuatan kontrak 2 tahun,dengan alasan itulah apakah bisa paspor lama ganti buku atau perpanjang 5 atau 3 tahun?kl bisa saratnya apa aja pa? makasih sebelumya

Admin

Waalaikumsalam, silakan bapak datang ke Kantor Imigrasi Cirebon , ke bagian helpdesk. Terima Kasih.

indramayu - 26 02 2020 - 15:50:46

Selamat sore sist... saya ingin bertanya 4tahun lalu sya pernah dftar buat pasport untuk pendidikan ke jepang waktu kuliah. Setelah pendidikan sya tidak lulus. Sya keluar kota jdilupa untuk mengurus pasport nya lagi. Entah sya lupa untuk mengambil pasport nya atau sya lupa untuk membayar nya wktu iu di bank. Jadi pertanyaan saya. Apakah data saya masih masuk dalam pasport itu walaupun belum di transfer uang nya??? Trmksh

Admin

selamat sore kak. Permohonan kakak 4 tahun yang lalu sudah terekam data biometriknya. Jadi untuk kembali mengurus permohonan paspor, kakak memerlukan surat pembatalan dari Kantor Imigrasi tempat kakak dulu mengajukan permohonan sebelumnya. Terima Kasih

Desa susukan Agung Rt014/Rw 005 Kec.Susukan Lebak - 25 02 2020 - 19:01:42

Selamat malam. Mau tanya , paspor saya sisa 8 bulan , saya mau berangkat ke itali dengan kontrak 1 tahun . Itu gimana ya dengan paspor nya ?

Admin

Selamat siang kak, Untuk penggantian paspor sesuai Permenkumham no 8 tahun 2014 pasal 36 -.. Penggantian paspor dilakukan jika : A. Masa berlakunya akan atau telah habis B. Halaman penuh C. Hilang/rusak Pada pasal 36 poin A permenkumham no 8 tahun 2014 yang dimaksud masa berlakunya akan atau telah habis masa berlaku sesuai uu no 6 tahun 2011 pasal 8 dokumen perjalanan yg sah dan masih berlaku adalah dokumen perjalanan yg dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dan masih berlaku sekurang kurangnya selama 6 bulan sebelum masa berlaku berakhir. Terima Kasih.

Jl. Marmagati No. 4 Dusun Kliwon RT 007 RW 003 Des - 25 02 2020 - 09:55:48

Izin bertanya, alamat tempat tinggal saya yang tertera di buku paspor sudah tidak sesuai lagi dengan alamat domisili saat ini. Apakah cukup dengan mengubah alamat domisili pada saat perpanjang papor? Terima kasih atas tanggapannya.

Admin

Selamat Pagi bapak Subagja, untuk perubahan alamat domisili di paspor lama bapak cukup mengisi alamat yang baru di forumulir permohonan penggantian paspor nya. Terima Kasih.

Subang - 23 02 2020 - 03:50:16

Jika saya sudah menyiapkan dokumen2 asli dan membuat surat kehilangan,,,, apa harus mendaftar dulu untuk nomor antrian via WhatsApp untuk ke bagian BAP ??? Berapa hari kira2 prosesnya sampai di ganti paspor yang baru ? Terima kasih

Admin

Selamat pagi kak, untuk proses BAP silakan datang langsung ke kantor Imigrasi Cirebon tanpa harus daftar antrian online. Terima Kasih.

Jaksa Agung Soeprapto 81 Malang - 20 02 2020 - 15:25:47

Tolong tanya apakah memang demikian aturannya

Admin

Selamat siang bapak, untuk penetapan pengadilan kita melihat dulu keputusan dari penetapan pengadilan itu bunyi nya seperti apa. Apabila disana ada keterangan yang memerintahkan untuk membuat catatan pinggir, maka harus dibuatkan catatan pinggir apabila tidak ada maka bisa dilanjutkan. Terima kasih.

Subang - 17 02 2020 - 14:44:23

Mohon informasi mengenai layanan antar/delivery service apabila pembayaran telah dilakukan via atm karena pada saat pembuatan-pembayaran mobil pos sudah tutup. Saya domisili di Subang dan perlu merencanakan perjalanan dan cuti untuk ke Cirebon. Apakah ada jalan keluar agar tidak perlu datang kembali ke kanim Cirebon untuk pengambilan paspor. Terkait pengambilan langsung di kanim, apakah harus mengambil nomor antrian lagi? Terima kasih

Admin

Halo kak, terkait pengambilan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI CIrebon bisa langsung datang ke loket pengambilan paspor tanpa perlu mengambil nomor antrian. Terima kasih.

Larangan - 12 02 2020 - 15:27:36

Dear imigrasi cirebon Pak/ibu maaf saya mau tanya jika ingin memperbaharui tahun lahir di paspor itu dokumen apa aja yang hrus dibawa ?

Admin

Siang kak, untuk mengganti data pada paspor harus melalui proses BAP perubahan data. Dokumen yang harus dibawa adalah EKTP, Kartu Keluarga Ijazah dan paspor nya. untuk lebih jelasnya kakak bisa menghubungi nomor telp informasi imigrasi cirebon atau datang ke bagian informasi. Terima Kasih.

Jl. Tuparev no 32 kab cirebon - 11 02 2020 - 18:00:43

Bisa pembuatan e paspor di imigrasi cirebon ?

Admin

Selamat pagi kak, saat ini e-paspor belum bisa diproses di Imigrasi Cirebon. Terima Kasih.

Komp. Cibolerang Blok i 4, Bandung - 07 02 2020 - 09:45:52

Apakah ada layanan untuk mengecek status paspor kita sudah jadi apa belum via WhatsApp? Kalau ada mohon infonya

Admin

sore kak, untuk mengecek status paspor via whatsapp bisa dengan format : PASPOR (SPASI) (6 DIGIT TERAKHIR NOMOR PERMOHONAN) kemudian kirim ke 082219878889. Terima Kasih

indramayu - 06 02 2020 - 09:36:53

saya datang dengan membawa KTP asli,KK asli, namun tidak dengan Akta,ijazah,atau buku nikah saya membawa fotocopy dikarenakan faktor ujan , namun saya bisa membuktikan itu asli dengan foto yg istri saya kirim lewat whatsapp,namun ditolak oleh petugas, coba bayangin saya mau ke cirebon harus ambil cuti dulu, (saya dari indramayu), masak tidak toleransi pas ngambil paspor aja nunjukin yg asli? dengan begini saya bakalan cuti 3 kali dalam 1 bulan, tau tidak saya cuman ada 7 hari dalam 1 tahun ambil cuti, ini baru awal tahun, saya rasa saya kehilangan 1 hari buat mudik atau keperluan yg lebih penting, mohon maaf dan terima kasih

Admin

Terima Kasih atas laporan pengaduannya. berdasarkan peraturan menteri Hukum dan HAM RI no. 8 Tahun 2014 yang tercantum di; Pasal 4 (1) Bagi warga negara Indonesia yang berdomisili atau berada di wilayah Indonesia, permohonan Paspor biasa diajukan kepada Menteri atau Pejabat Imigrasi yang ditunjuk pada Kantor Imigrasi setempat dengan mengisi aplikasi data dan melampirkan dokumen kelengkapan persyaratan yang terdiri atas: a. kartu tanda penduduk yang masih berlaku atau surat keterangan pindah ke luar negeri; b. kartu keluarga; c. akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah, atau surat baptis; d. surat pewarganegaraan Indonesia bagi Orang Asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui pewarganegaraan atau penyampaian pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan; e. surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama; dan f. Paspor biasa lama bagi yang telah memiliki Paspor biasa. (2) Dokumen kelengkapan persyaratan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf c harus dokumen yang memuat: a. nama; b. tanggal lahir; c. tempat lahir; dan d. nama orang tua. (3) Dalam hal dokumen sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf c tidak memuat data sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Pemohon dapat melampirkan surat keterangan dari instansi yang berwenang. berdasarkan peraturan diatas disebutkan wajib melampirkan dokumen kelengkapan yang asli (tidak ada keterangan fotocopy). mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Terima Kasih.

Karangase, kec.terisi kab.indramayu - 05 02 2020 - 18:03:59

November 2019 saya bikin paspor, rencananya mau jadi tki, tapi suami melarang saya, suami malah menyuruh saya berkunjung ke jepang saja soalnya suami di sana, pas saya mau ambil paspor saya di PT. saya di mintai sejumlah uang ganti senilai 5jt, saya pikir biaya bikin paspor saja hanya 350rb. Menurut admin saya harus bagaimana. Sedangkan nilai 5jt itu sangat tinggi.. apa kah kalau saya memohon bikin paspor baru akan di persulit atau bisa di lancarkan.? Mohon pencerahannya.. terima kasih

Admin

halo kak, persyaratan bagi yang sudah memiliki paspor adalah wajib melampirkan paspor lama (paspor merupakan dokumen negara). Terima kasih.

Dusun parakan desa salawangi kecamatan bantarujeg - 04 02 2020 - 11:15:23

Awalnya saya salah jalan krena jalan kaki saya pikir bisa masuk dr jalan keluar karena mobil parkir diluar kantor imigrasi namun saya diarahkan oleh security yang bernama maksilianusrole untuk jalan kaki dr arah masuk. Saya bertanya baik2 apakah tidak bisa saya masuk jalan kaki dari pintu keluar dia marah dan pasang badan jd saya hanya mengatakan sama dia untuk “diam” sambil saya pergi meninggalkan pintu keluar tsb namun security yang bernama maksilianusrole tersebut malah mengikuti saya dan memaki saya bahkan Pasang badan dan bilang saya kurang ajar dan memarahi saya. Tolong agar pelayanan bisa dg ramah saya sebagai warga negara Indonesia yang taat hukum diperlakukan tidak baik oleh orang tsb. Mohon untuk diberi pengarahan untuk kenyamanan bersama.

Admin

Terimakasih banyak ibu atas laporan yang ibu berikan. mohon maaf sebelumnya kami ucapkan kepada ibu, dan selanjutnya laporan ibu akan kami lanjutkan dan mengklarifikasi kepada petugas yg ibu sebutkan namanya untuk di tindaklanjuti sesuai dng aturan yang ada, Sekali lagi kami ucapkan mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih

Rt 001/rw 005 Kel.mertasinga Kec.gunung jati cireb - 04 02 2020 - 00:15:19

Min saya mau tanya,,kemarin saya di malaysia pasport hilang,,trus waktu balik ikut proses splp,tapi pasport aku yang tahunan tu belum mati lagi,, Pertanyaanku apa kah bisa buat pasport baru untuk ke singapura,,dan kalau bisa biayanya berapa min,,

Admin

Selamat sore, untuk SPLP karena paspor hilang diluar negeri silakan proses BAP terlebih dahulu. Dokumen yang perlu disiapkan asli dan fotocopy, terdiri dari, ktp, kk, dan akte lahir/ijazah/buku nikah. Terima kasih

Perumahan surya cigadung jl. Rajawali 1 blok i no - 03 02 2020 - 10:51:14

Paspor sy dulu th 2006 hilang krn kebanjiran dan blm semoat digunakan, apakah sy bisa mengajukan paspor baru? Bagaimana alur yg harus saya lakukan karena dulu pas kehilangan sy masih domisili cirebon dan skrng domisili subang, apa saja yg perlu sy persiapkan. Terima kasih

Admin

Selamat sore, untuk paspor hilang silakan proses BAP terlebih dahulu dengan membawa surat kehilangan dari kepolisian. Dokumen yang perlu disiapkan asli dan fotocopy, terdiri dari, ktp, kk, dan akte lahir/ijazah/buku nikah. Terima kasih

dusun dayeuh rt rw 06/02 desa ciwiru kec pasawshan - 31 01 2020 - 16:36:03

slmt sore..mhn penjelasan knp aplikasi layanan paspor online slu tdk trhubung server..sy lht ad antrian lwt whatsapp tp sgt sulit ditekan tanda biru hubungi kami...bgm cara kami dpt no whatsapp utk antrian...mksh

Admin

untuk antrian APAPO dibuka hari Jumat jam 2 sore, untuk antrian whatsapp dibuka kuota nya hari minggu jam 7 malam dengan no whatsapp 082320009000. Terima Kasih.

Blok sabtu rt 004 rw 006 - 20 01 2020 - 19:06:48

Pak saya mau nanya alesan pihak imigrasi itu apa ya banyak nanya alesan kenpa bikin paspor mau kerja apa sekedar jalan jalan . . Soalnya saya Tadi pagi saya niat mau bikin paspor untuk jalan-jalan ke malaysia gak bisa dengan alesan yang gak masuk di akal, ,kata pihak imigrasi kamu kalau emang mau jalan-jalan ke malaysia harus ada bokin tiket pesawat dan chek-ini hotel terlebih dulu katanya. . . Emang harus gitu ya setiap warga negara indonesia yang mau jalan-jalan ke luar negeri harus ngasih tau dulu pihak imigrasi kalau mau tiap mau jalan-jalan ke luar negri. . .

Admin

Selamat Siang Pak Didin.. Dalam proses penerbitan paspor, ada proses Wawancara yang akan ditanyakan oleh petugas terkait maksud dan tujuan bapak dalam hal penggunaan paspor. sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Imigrasi, Nomor IMI-0277.GR.02.06 Tahun 2017 tanggal 24 Februari 2017. Pada point 2 huruf c ayat 4 dalam hal penerbitan paspor : 4. Apabila ditemukan adanya indikasi dalam wawancara, Ybs. memberikan keterangan berubah-ubah atau keterangan tidak benar, dengan alasan kunjungan keluarga atau wisata maka petugas melakukan pendalaman : a. Wajib melakukan pendalaman saat proses wawancara dengan tetap memperhatikan profiling, gesture, body language, dalam rangka memperoleh keyakinan terhadap maksud dan tujuan ke luar negeri; b. Meminta surat undangan atau jaminan dan fotokopi paspor dari keluarga yang dikunjungi dan atau; c. Meminta dokumen pendukung lainnya, yang dapat meyakinkan kebenaran maksud dan tujuan ke luar negeri. Terimakasih.

Jl. Kandang Perahu, Gg, Masjid Al-Munawaroh, No.17 - 18 01 2020 - 12:34:46

Dear Imigrasi Cirebon, Saya pernah membuat pasport di 2010 yang saya gunakan ke Guangzhou, China. Namun sampai sekarang saya belum perpanjang dan mungkin sudah lewat masa berlakunya. Pertanyaan nya, apakah saya tinggal perpanjang saja atau haru membuat baru ? Thanks Best Regards, Wawan Budiman

Admin

Selamat pagi pak Wawan Budiman.. Untuk paspor bapak yang sudah habis masa berlakunya, akan dilakukan penggantian paspor.. paspor lamanya dibawa juga yaa pak.. Terimakasih.

Patrol lor indramayu - 15 01 2020 - 22:03:45

Selamat malam, paspor saya habis bulan april tahun ini. Apakah bisa di perpanjang sekarang2? Perpanjang paspor apa harus di wajibkan daftar online terlebih dahulu? Apakah kalau datang langsung tidak bisa di proses atau di tolak?

Admin

Selamat siang.. Untuk paspor yang habis di bulan April, dapat dilakukan penggantian paspor. Yap betul sekali, wajib daftar melalui antrian online terlebih dahulu. Terimakasih

Majalengka 09-06-1996 - 15 01 2020 - 20:40:35

Selamat malam pak, ,untuk syarat pembuatan apa bisa gak pake akte kelahiran.?

Admin

Selamat Siang.. jika tidak ada akte kelahiran, bisa di ganti dengan ijazah yang ada nama orangtua nya (Ijazah SD/SMP/SMA) atau buku nikah.

Blok Ahad, RT 007/007 - 04 01 2020 - 18:33:01

Selamat malam pa, saya mau tanya, saya sudah ambil antrian paspor, namun salah memilih pilihan antrian, yang mana seharusnya perpanjang paspor, saya malah memilih pembuatan paspor baru. Apa yang harus saya lakukan, ? Apakah masih bisa diproses perpanjangan paspor syaa?

Admin

Selamat Pagi Pak Fahri.. untuk salah pilih antrian paspor baru / penggantian masih bisa di proses, datang saja sesuai jadwal yang sudah di dapat. Terimakasih

Jl raya cibarengkok rt10 rw03 subang jawa barat - 03 01 2020 - 14:28:34

Gak bisa masuk aplikasinya, loading terus. Mau daftar antrian online

Admin

Untuk aplikasi APAPO saat ini sudah berjalan normal, silahkan di refresh dan dicoba kembali secara berkala. Terimakasih

jl mawar no 20 - 03 01 2020 - 09:00:50

mau tanya untuk pendaftaran penggunaan antrian whatsap bagaimana caranya dan nomer whatsap bisa di dapatkan dimana ? untuk pembuatan paspor baru biayanya berapa dan untuk perpanjangan paspor lama biaya berapa ? terima kasih

Admin

Selamat Pagi.. Untuk nomor WA (082320009000), biaya pembuatan paspor 350.000, untuk info lengkapnya bisa cek akun Instagram kami di @kanim_cirebon Terimakasih

Desa Sumbermulya blok sumurwedi 1 02/01 kecamatan - 03 01 2020 - 09:00:17

Untuk persayaratan paspor anak umur 2 tahun. Apabila Kartu keluarga yang asli belum jadi..karna nama anak belum tercantum di kartu keluarga .apakah bisa dengan menggunakan draf kartu keluarga..dengan nama anak sudah tercantum di kartu keluarga.?

Admin

Selamat Pagi.. Mohon maaf, Untuk Kartu Keluarga (KK) yg masih draft tidak bisa digunakan.

Dusun Rancabogo Rt.04/02 kec.jalancagak kab.subang - 02 01 2020 - 21:32:39

Selamat malam, saya ingin menanyakan perihal 5 hari kerja itu di hitung mulai hari itu juga atau di hitung mulai setelahnya ?, mohon bantuannya. terimakasih

Admin

Selamat pagi.. untuk perbaikan berkas diberikan waktu 5 hari kerja, dihitung mulai setelahnya.. jadi misal datang hari senin, batas waktunya sampai senin minggu depan. Terimakasih